Skip to content

Arti Sebuah Nama

Oktober 24, 2012

3 Jam setelah kelahiran Kenzie di RSIA Hermina Bekasi

Bulan Syawal, bulan yang secara harfiah bisa juga diartikan sebagai bulan kebahagiaan. Syawal adalah bulan kesepuluh dalam penanggalan kalender Hijriyah yang pada kalender Masehi disebut bulan Oktober. Kehadiran bulan ini selalu dinanti umat Islam di seluruh dunia. Penetapan awal bulan ini menjadi perhatian kaum Muslimin, karena pada 1 Syawal, umat Islam di seantero jagad merayakan Hari Raya Idul Fitri, yakni hari kemenangan yang membawa kebahagiaan setelah menunaikan ibadah shaum selama sebulan penuh pada bulan Ramadhan.

Masih dalam suasana bahagia dan sangat membahagiakan tentunya untuk gw dan istri, tepatnya pada hari Selasa, tanggal 11 September 2012 atau 24 Syawal 1433 H pukul 08.50 wib, putra pertama gw lahir dengan selamat dan sehat di RSIA Hermina Bekasi, segala puji dan syukur kami panjatkan, terima kasih Tuhan atas karunia dan anugerahnya serta terima kasih juga kepada  Dr. Ni Made Desy Suratih, Spog yang telah membantu pada saat proses persalinannya.

Apalah arti sebuah nama”, What’s in a name…?, William Shakespeare (1564 – 1616 , Stratford-upon-Avon, Warwickshire, Inggris )

*seorang penulis Inggris yang seringkali disebut orang sebagai salah satu sastrawan terbesar Inggris. Ia menulis sekitar 38 sandiwara tragedi, komedi, sejarah, dan 154 sonata, 2 puisi naratif, dan puisi-puisi yang lain.

***

Selanjutnya adalah merupakan sebuah kewajiban bagi kami berdua, gw dan istri untuk memberikan sebuah nama atau panggilan buat putra pertama kami. Sebuah nama yang didalamnya terselipkan sebuah makna serta doa dan harapan untuk masa depannya kelak.

Bicara soal nama, tentunya tidaklah asing dengan istilah Apalah arti sebuah nama”, What’s in a name…?, sepenggal dialog antara Romeo and Juliet yang dituliskan sang pujangga asal inggris, William Shakespeare  dalam karya Sastranya.

Benarkah nama tidaklah penting?

Nama adalah sebuah fitrah, sebutan atau identitas panggilan yang penting, unik dan beragam pada setiap umat manusia, juga untuk membedakan dirinya dengan orang lain. Nama menunjukkan jati diri seseorang, dari mana ia berasal, apa latar belakangnya, apa status sosialnya, dsb. bayangkan saja bagaimana susahnya jika memanggil seseorang bila dia tidak mempunyai nama. Pun demikian dengan suatu benda dan makhluk lainya. Dengan bernama tercitralah seorang anak manusia, benda dan makhluk sealam semesta.

Kalau begitu bukankah berarti nama itu menjadi suatu hal yang sangat penting…?

Nama tidaklah membawa arti apa-apa sepanjang sang penyandang nama tersebut tidak mampu memberi makna atas namanya lewat perbuatan dan perilaku yang baik. Pendapat nama tiada punya arti, memunculkan perdebatan abadi yang seolah belum menemukan muara kesimpulan yang satu. Beberapa orang menganggap nama tidak penting, dan beberapa orang yang lain menganggap nama sangatlah penting dan berarti. Mencoba untuk tidak memilih salah satu dari dua pendapat yang berseberangan, makna nama memang tergantung pada pandangan masing-masing orang. Tergantung latar belakang dan tujuan orang yang menolak atau menerimanya.

Namun yang pasti, dalam budaya timur atau Indonesia. Nama dipandang sebagai pendarasan doa terhadap orang yang menyandangnya. Ada pendapat yang menyatakan untuk mengenal siapa diri kita, kita harus tahu makna yang ada dibalik nama yang disematkan pada wadag (badan) dan diri kita. Dan tentu sebagian besar orang tua punya alasan tertentu saat memberikan nama kepada anaknya. Menurut mereka, nama yang diberikan merupakan doa atau harapan orang tua bagi anak tersebut. Selain merupakan sebuah harapan dan doa orang tua kepada anaknya, dengan nama yang memiliki arti dan bagus diharapkan kedepan perjalanan seorang anak seperti arti dalam nama tersebut. Nama Surahmat misalnya, diharapkan agar sang anak selalu mendapatkan rahmat atau berkah yang baik.

***

Terlepas dari semua itu, untuk memberikan nama terbaik buat buah hati tercinta terkadang juga tidaklah gampang. Kita memerlukan beberapa referensi bahkan harus bertanya sana sini hingga terciptalah sebuah nama. Tetapi dijaman serba maju seperti sekarang ini untuk mencari referensi pada akhirnya menjadi lebih mudah, karena adanya media internet maupun buku kumpulan nama-nama yang sudah banyak dijual ditoko-toko buku kesayangan Anda hahaha… Akan tetapi untuk mendapatkan sebuah nama yang terbaik dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam merangkai kata demi kata. Banyak pilihan untuk membuat sebuah nama, seperti halnya kata pepatah “Banyak jalan menuju Mekkah” (wkwkwk…ngak mau ke Roma ah, mau ke Mekkah aja naek Haji…hehehe, Insya Allah  ) baik itu dari bahasa arab, bahasa sansekerta, bahasa kawi, bahasa yunani atau bahasa apapun, dan dari budaya maupun negara apapun, sehingga ketika nama sudah terangkai memberi kesan enak di ucapkan dan bagus makna serta artinya.

Begitu juga ketika gw mencari nama untuk si calon baby (sebagai sebuah “Hasil” kerja sama yang baik antara gw dan istri sehingga menciptakan “Hasil” hehehe…)  , seminggu lamanya harus otak atik banyak nama. Pada akhirnya karena kami lebih percaya bahwa nama adalah Doa, daripada hanya sekedar istilah apalah arti sebuah nama dan berangkat dari semangat perubahan atas dasar dari sebuah keprihatinan (Ceeileehh…Uhuii)    , dimana banyak dari pemimpin-pemimpin negeri ini yang mengalami “KRISIS” kepemimpinan dimana sikap maupun prilakunya jauh dari keteladanan yang dapat diteladani. Sampai pada akhirnya kami sepakat dan memutuskan untuk memberikan nama anak laki-laki kami yang telah dikukuhkan pada acara Walimatul Tasmiyah (Perayaan Pemberian Nama) sekaligus Aqiqah ” KENZIE AL ATHATRA ACHMAD “.  Terdiri dari 4 kata dan jika dirangkai menjadi satu kalimat menjadi sebuah kalimat bermakna yang terselip sebuah Doa dan harapan, “ Pemimpin Bijaksana dan Tampan Yang diAnugerahkan Allah Sifat Jujur”, Amien  

  • Kenzie (Scotlandia & Sansekerta) : Pemimpin yang bijak

                             (Irlandia)                                : Kulit yang cerah

                             (Japan)                                    : Yang Jujur dan baik

  • Al (Arabic)                                                 : Utama, Ketampanan, Kecerdasan
  • Atha’tra (Arabic)                                    : Anugerah, Hadiah, Karunia
  • Achmad (Arabic)                                  : Jujur, Terpercaya, Terpuji

 

Merenungkan esensi, keaslian, atau hakikat sebuah materi, apapun namanya. Tentu saja, nama sebaik apa pun tidak akan membuat sang empunya nama menjadi baik dan terkenal pula. Setidaknya, tidak secara langsung dan mengandung suatu kepastian. Dalam konteks ini, sebuah nama hanyalah salah satu tanda sebagai pengenal, dikenal dan mengenali. Mungkin untuk sebahagiaan orang arti sebuah nama tidaklah begitu penting dan gw yakin banyak juga diantara kebanyakan yang tidak begitu mempermasalahkan arti sebuah nama. Seperti halnya yang dituliskan William ShakespeareApalah arti sebuah nama” . 

***

Berikut kumpulan rangkaian nama-nama calon bayi yang telah gw rangkum dari berbagai sumber* Monggo di-Download

Rangkaian Nama Bayi   pdf.format

View this document on Scribd

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: