Skip to content

Menyenangkan Orang

Mei 25, 2010

Hal ideal dan yang sepertinya sederhana namun mustahil dilakukan, menyenangkan semua orang.

Hebat nggak orang yang bisa begini?

Nggak tuh, nggak hebat. Pun ini bukan satu hal yang perlu disaluti, malah harus dikasihani. Kasihan sama waktunya yang disia-siakan. Harusnya bisa terus maju ke depan malah berdamai dengan banyak hal dalam konteks menyenangkan semua orang.

Singkatnya, bahwa karakter orang itu beda-beda, nggak ada yang sama. Dari manusia yang saling berbeda, otomatis acceptance standard capacity dalam menerima perbedaan karakter juga berbeda-beda. Ada yang kelewat longgar, ada yang sangat sempit.

Lebih spesifik lagi mencoba untuk menyatukan kaum moderat sama konservatif, nggak akan pernah ketemu benang merahnya. Seniman sama militer jelas dua sisi yang saling berseberangan. Orang bebas sama orang teratur pasti saling berbengong ria melihat kebiasaan masing-masing. Masih banyak komparasi dua kutub yang nggak akan pernah bisa disatukan, lantas buat apa berbunglon ria dengan cara menyenangkan ke banyak sisi?

Disederhanakan saja, senangkan saja orang yang memang menyenangkan, nggak perlu membuat senang orang yang memang nggak menyenangkan. Itu buang-buang waktu juga menguras energi.

* * * * *

“I can’t give you a sure-fire formula for success, but I can give you a formula for failure: try to please everybody all the time”.
Saya tidak bisa memberi anda sebuah rumusan untuk meraih sukses, tapi saya bisa memberi anda sebuah formula kegagalan: senangkan saja semua orang sepanjang waktu.

Herbert Bayard Swope (1882 – 1958)
Wartawan Amerika pemenang pertama Pulitzer tahun 1917 dari tulisan;
“Inside The German Empire: In The Third Year of The War”

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: