Skip to content

Mengalah atau Tetap Menjadi Orang ‘susah’

Desember 31, 2009

Susah # Miskin

Kalimat yang berbeda, tapi hampir mirip secara makna.

  • Susah = rasa tidak senang, merasa tidak aman, selalu gelisah dan khawatir, sukar, tidak mudah, kekurangan (KBBI online)
  • Miskin = tidak berharta, serba kekurangan, berpenghasilan sangat rendah (KBBI online)

Sering banget kita nemuin hal-hal yang bikin kehidupan jadi tambah rumit. Entah itu di jalan, di rumah, di kantor, atau malah di pikiran sendiri, yaitu bertemu dengan orang ‘susah’. Artikan dengan bertemu dengan orang-orang yang membuat rumit keadaan dan kehidupan — atau malah kita sendirilah yang merumitkannya, bisa dengan membuat sulit orang lain apalagi di pikiran sendiri.

Hukum birokrasi, “bilamana bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah?”.

Kondisi itu harus dibalik, “bila mana bisa dipermudah, buat apa dipersulit?”

Dalam kenyataan, hal-hal yang berkenaan dengan hukum birokrasi yang paling sering ditemui, bukannya dalam konotasi yang terbalik.

* * * * *

Di jalan, buat temen-temen yang bawa kendaraan, motor apalagi mobil, cobalah iseng sedikit, senggol aja kendaraan orang lain dengan sengaja. Si pemilik kendaraan pastinya marah, ini wajar. Di situ kita bisa ngeliat, apakah solusi masalah bisa diselesaikan dengan baik-baik apa malah dipersulit. Tunggu sampe polisi ikut campur. Apakah bisa mempermudah penyelesaian atau malah masalah makin tambah ruwet dengan mengambil keuntungan dari dua orang yang berselisih.

Itu kalo kita memang niat disengaja, tapi kalo nggak sengaja?

Coba amati juga di kantor bagi yang bekerja di salah satu institusi. Bisa jadi temen atau kolega yang harus bekerjasama dalam teamwork, tapi dalam kenyataan seringkali ngalamin kerjaan malah jadi tambah rumit. Kayaknya susaaaaaahhhh… banget kerjasamanya, sampe kerjaan yang harusnya gampang karena dikerjain bersama, kok malah nggak kelar-kelar.

Ada baiknya juga ngaca ke cermin yang bisa tembus ke hati, kita jadi orang ‘susah’ kayak begitu juga nggak, ke diri sendiri apalagi ke orang lain?

Berapa banyak orang yang kita bikin ‘susah’?

Berapa sering juga kita bikin ‘susah’ hidup sendiri?

Pastinya nggak keitung, masalanya selalu kita lupain begitu kejadian lewat, nggak tau sama kontemplasinya. Tapi kita selalu inget kalo disusahin orang, sampe dendam malahan.

* * * * *

Kepanjangan nggak jelas, ya udah dijabarin aja sama-sama definisi orang ‘susah’.

Orang Susah = Orang yang mempersulit keadaan juga kehidupan. Baik untuk dirinya sendiri apalagi untuk orang lain.

Berapa banyak keberanian yang dibutuhkan untuk menjalani hidup?

Nggak banyak, cuma positive thinking saat bangun tidur dan menjalani hari sampe tidur lagi. Begitu terus-menerus, setiap hari, setiap waktu, setiap tarikan nafas, sejalan dengan irama detakan jantung, sampai semuanya berhenti pada waktunya nanti… dan jangan lupa juga untuk melakukan perbuatan baik, seperti satu pepatah bangsa Arab kuno “Lakukanlah kebaikan, dan jangan mengungkit – ngungkitnya, dan yakinlah bahwa kebaikanmu akan mendapatkan balasan“.

Mengalah dalam hidup?

Nggak deh, lawan aja dengan keberanian. Mengalah dengan kepengecutan hingga jadi orang ‘susah’ yang selalu memperumit masalah, silahkan aja. Sampe satu saat nanti tanpa sadar karakter itu yang melekat dan sulit dihilangkan.

Ending-nya pilih sendiri. Udah kelewat banyak pengajaran positive thinking yang dijabarkan dalam bentuk tulisan, buku, film apalagi yang sering dibahas sama motivator. Bilamana masih susah juga, ya udah, gw juga bingung mau nerusin apalagi tulisan ini.

He he he…

Note : Tulisan menolong gw sendiri.

6 Komentar leave one →
  1. Agus Mike Hinganadays permalink
    Januari 2, 2010 2:13 AM

    Semua yg diatas inti nya sama saja..hdup susah jangan ditambah susah lagi…..

    • Januari 4, 2010 9:05 AM

      Ngak mesti sama…susah atau ngaknya tergantung masing2 pribadi yang menjalaninya dengan cara apa dan bagaimana menyikapinya…

  2. Maret 25, 2010 12:22 PM

    tgntung cara Qt mnjalani.y adjah. .

  3. Maret 26, 2010 9:31 AM

    “tgntung cara Qt mnjalani.y adjah. .”

    Ya, saya sependapat…

  4. anakbunda permalink
    Maret 30, 2010 6:00 PM

    tiada y sulit dlm dunia klo kita sring2 pikir +

  5. noeri permalink
    Januari 10, 2012 2:07 AM

    Menolong orang adalah ibadah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: