Skip to content

Google Maps, Sebuah Alternatif Yang Bisa Diandalkan

Juli 9, 2009

maps_small_horizontal_logoApabila saya ingin pergi ke TAMAN MARGASATWA RAGUNAN dan makan malam dilesehan Tebet, rute manakah yang paling efisien untuk bisa saya lewati? Ada berapa jalan alternatif yang bisa saya pilih? Berapa lama estimasi yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan, dengan kondisi jalan-jalan yang ada di ibu kota negara ini?

Pertanyaan semacam itu mungkin akan selalu muncul disaat Anda akan bepergian ke suatu tempat. Tak terkecuali kebun binatang ragunanan yang sudah menjadi ikon kota Jakarta sebagai ZOOLOGICAL PARK, mungkin bila Anda ingin pergi ke Ancol atau Monas maka Andaa juga akan menanyakan hal yang sama. Lalu, bagaimana cara untuk bisa menyiasatinya agar Anda tidak banyak membuang waktu didalam perjalanan? “Mudah saja…”, ya…sangat mudah untuk orang-orang yang sudah terbiasa hilir mudik di Jakarta, lantas bagaimana dengan mereka para pendatang yang memang belum tahu? Belilah peta maka masalah Anda akan terjawab, seperti halnya musim mudik lebaran dimana para pengguna jalan bebas hambatan diberikan peta tahunan oleh penjaga pintu tol berbarengan pada saat pengambilan karcis. Lalu setelah itu jalan mana yang harus Anda pilih? Atau berapa lama Anda akan menghabiskan waktu Anda di jalan? Tentunya peta konvesional seperti itu tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Dan pastinya kita membutuhkan suatu layanan tambahan yang lebih canggih, inovatif dan tentunya bisa diandalkan.

  • Gunakan GPS

Global Positioning System (GPS) adalah navigasi berbasis satelit yang terdiri dari sistem jaringan dari 24 satelit yang ditempatkan ke dalam orbit  The US Department of Defense (Amerika). GPS pada awalnya ditujukan untuk aplikasi militer sebagai alat penanda posisi di bumi, tetapi di tahun 1980-an, telah dibuat sebuah system GPS yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sipil dan dapat dipergunakan secara legal dan tidak ada biaya pendaftaran atau biaya setup untuk penggunaanya.gpsscreens

GPS satelit melingkari bumi dua kali sehari dalam orbit yang sangat tepat untuk mengirimkan sinyal informasi ke bumi dan dapat bekerja dengan segala macam kondisi cuaca, di mana saja di dunia, dalam 24 jam sehari. Penerima sinyal GPS mengambil dan menggunakan informasi ini untuk menghitung triangulasi pengguna tepat lokasi. Pada dasarnya, penerima GPS dapat membandingkan waktu sinyal yang dikirimkan oleh satelit dengan waktu yang telah diterima. Perbedaan waktu memberitahu penerima GPS berapa jauh antara satelit satu dengan satelit lainya. Sekarang, dengan pengukuran jarak dari beberapa satelit, penerima dapat menentukan posisi Anda dan menampilkannya pada peta unit elektronik. Dengan empat atau lebih dalam tampilan satelit, penerima dapat menentukan posisi Anda secara 3D (lintang, bujur dan ketinggian). Setelah posisi Anda telah ditentukan, unit GPS dapat menghitung informasi lain, seperti kecepatan, bearing, track, jarak perjalanan, jarak ke tujuan, waktu matahari terbit dan matahari terbenam, dan banyak lagi.

Hanya saja, harga perangkat GPS masih terbilang mahal. Walaupun bisa memberikan jawaban atas pertanyaan kita, namun jika berharga mahal tentunya juga akan menambah masalah baru bukan? Maka dari itu, kita coret GPS dari daftar solusi.

  • Gunakan Google Maps.

Inilah yang saat ini bisa kita manfaatkan. Google Maps adalah layanan yang di sediakan oleh Google yang tidak hanya berfungsi menampilkan peta di suatu daerah, namun kita juga bisa bertanya kepada Google Maps rute untuk menuju ke suatu lokasi. Layanan ini bisa dikunjungi melalui alamat http://maps.google.com

snapmapsvirtualgoogles

Katakanlah saya bertanya kepada Google Maps rute terbaik dari rumah saya di Jl. Ahmad Yani, Bekasi untuk menuju ke TAMAN MARGASATWA RAGUNAN yang berada di Jl. Harsono RM. 1 Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Maka saya tinggal klik menu Get Direction dan mengisikan alamat rumah di field A, dan isikan Jl. Harsono RM. 1 Pasar Minggu, Jakarta Selatan di field B. Kemudian klik “Get Direction”. Dalam waktu singkat, Google Maps akan menampilkan rute perjalanan di bagian peta berupa garis berwarna biru pada sisi sebelah kanan. Di bagian tersebut kita bisa mengikuti rute yang telah dibuatkan oleh Google Maps, atau ingin membuat rute sendiri dengan cara drag garis ke jalur lain yang diinginkan.

Pada sebelah kiri, akan ditampilkan detail rute berupa panduan jalan apa saja yang akan dilalui, lengkap dengan panduan arah sehingga tidak membingungkan. Bahkan bila sudah masuk jalur Tol maka Google Maps juga akan memberikan panduan jalur apa saja yang sebaiknya dilalui, jadi tidak akan tersesat di jalan tol seperti yang sering dialami oleh pendatang.

Selain itu, di bagian ini juga ditampilkan total jarak tempuh dan estimasi waktu yang akan dihabiskan dalam menempuh jalur tersebut. Angka-angka yang ditampilkan ini bersifat dinamis, misalnya bila kita mengubah rute alternatif maka angka di jarak tempuh dan estimasi waktu akan terkalkulasi secara otomatis. Cukup berguna untuk mencari rute terbaik untuk menuju ke suatu lokasi.

  • Google Maps di Amerika.

Dari beberapa informasi yang saya baca dari beberapa sumber, ternyata layanan Google Maps di Amerika tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia,  namun tentunya data yang disediakan jauh lebih lengkap dibandingkan dengan data yang ada di Indonesia. Contohnya estimasi waktu perjalanan. Bila di Indonesia, estimasi waktu yang dihitung berdasarkan penggunaan mobil saja, maka bila di Amerika perhitungannya juga menggunakan kendaraan umum dan berjalan kaki.

Karena di Amerika sudah menerapkan penggunaan street camera, atau pemasangan kamera yang ditempatkan di setiap perempatan, maka pengguna Google Maps juga bisa memanfaatkan fitur tersebut. Ini berguna untuk mengetahui lokasi belokan atau lokasi tujuan secara nyata, karena Google Maps juga mengambil data dari kamera tersebut.

Kapankah Indonesia bisa seperti itu? Mudah-mudahan segera terwujud, tapi sembari menunggu harapan itu datang, kita sudah bisa memanfaatkan Google Maps secara penuh dan cukup bisa diandalkan untuk memandu kita menuju ke suatu lokasi, mudah dan murah bukan…!

==================================================================

Tulisan lain yang mungkin terkait dengan tulisan di atas:

  1. Tempat Kuliner Di Jakarta Yang Lagi Rame
  2. Agenda Hari Libur Tahun 2009

==================================================================

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: