Skip to content

Contoh Job Description (Kepala Regu/Foreman)

Juli 6, 2009

Jabatan pekerjaan : KEPALA REGU
Bertanggung Jawab Kepada : SUPERVISOR

  • Sasaran Tugas :

Kepala regu bertanggung jawab untuk melaksanakan pengaturan pengontrolan dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia,bahan baku / bahan jadi /bahan setengah jadi dan mesin – mesin produksi didalam wilayah tanggung jawabnya untuk memaksimalkan efiensi meminimalkan biaya dan menghasilkan bahan setengah jadi / bahan jadi yang memenuhi standard kebutuhan pelanggan.

  • Struktur Pelaporan :

Kepala regu bertanggaung jawab kepada Supervisor.

  • Sifat & Lingkup :

Proses A merupakan proses produksi antara x dengan y di divisi z di mana hasil proses masih dalam bentuk setengah jadi diproses selanjutnya secara x untuk mencapai keadaan yang diinginkan dan sifat yang diinginkan sebelum kemudian dikirim ke y.

Kepala regu harus mampu mensupervisi secara langsung staff dibawah tanggung jawabnya dan semua karyawan dibawah tanggung jawabnya dan mampu bekerjasama secara efektif dan efisien dengan semua bagian lain yang terkait ( ppic,qc,mechanic,electric) untuk memproduksi bahan jadi pada tingkat biaya yang rendah dan memenuhi batas volume dan waktu pengiriman bahan jadi yang telah direncanakan.

  • Hasil Utama & Tantangan :
  1. Diharapkan memiliki ketrampilan dan pengetahuan atas proses produksi pada tiap mesin yang menjadi tanggung jawabnya.
  2. Diharapkan memiliki pengetahuan atas aplikasi produk dari pelanggan ( Customer Product Knowledge )
  3. Diharapkan memiliki pengetahuan teknik mesin produksi yang menjadi tanggung jawabnya.
  4. Diharapkan untuk dapat melakukan continuous improvement ( perbaikan berkelanjutan ) guna mengeliminasi bahan tidak jadi ( scrap ) dan meningkatkan efiensi.
  • Tanggungjawab Utama :
  1. Bertanggung jawab dalam melakukan pengawasan langsung terhadap Staff yang di bawahnya dan melakukan pengawasan langsung terhadap semua karyawan yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  2. Bertanggung jawab dalam mencapai tingkat kuantitas ( output ) kualitas dan schedule produksi serta tingkat utilisasi mesin produksi yang telah ditetapkan dan disepakati bersama.
  3. Mendisiplinkan anak buahnya sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan sehingga bisa dicapai efisiensi manpower yang maksimal.
  4. Bertanggung jawab terhadap keselamatan kerja anak buahnya.
  5. Bertanggung jawab terhadap kebersihan mesin dan area mesin ( lingkungan kerjanya )
  6. Bertanggung jawab dalam melakukan koordinasi dan membina kerja sama team yang solid.
  • Wewenang :
  1. Wewenang dalam mengambil tindakan disiplin terhadap staff operator dan anak buahnya sesuai dengan ketentuan / peraturan perusahaan.
  2. Wewenang dalam mengatur anak buahnya sehingga bisa dicapai sumber daya manusia yang maksimal sesuai dengan bagiannya di mesin.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: