Skip to content

Definisi Kualitas

Juni 20, 2009

Sebenarnya ada beberapa definisi yang berhubungan dengan kualitas, tetapi secara umum dapat dikatakan bahwa kualitas atau mutu adalah karakteristik dari suatu produk atau jasa yang ditentukan oleh pemakai atau customer dan diperoleh melalui pengukuran proses serta melalui perbaikan yang berkelanjutan (Continuous Improvement).


Beberapa definisi tentang kualitas antara lain:


• Deming (1986) menyatakan: The difficulty in defining quality is to translate future needs of the user into measurable characteristics, so that a product can be designed and turned out to give satisfaction at a price that will user pay.

Kesulitan dalam pendefinisian kualitas adalah mentranslate atau mengubah kebutuhan yang akan datang dari user atau pengguna kedalam suatu karakteristik yang dapat diperlakukan , supaya sebuah produk dapat didisain dan diubah untuk memberikan kepuasan dengan harga yang akan dibayar oleh user atau pemakai.


• Crosby (1979) menyatakan: Quality is conformance to requirements or specification. 
Kualitas adalah kesesuaian dari permintaan atau spesifikasi.


• Juran (1974) menyatakan: Quality is fitness for use. 
Kualitas adalah kelayakan atau kecocokan penggunaan.


• Hence menyatakan: The quality of a product or service is the fitness of that product or service for meeting its intended used as required by the customer. 
Kualitas dari suatu produk atau jasa adalah kelayakan atau kecocokan dari produk arau jasa tersebut untuk memenuhi kegunaannya sehingga sesuai dengan yang diinginkan oleh customer.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: