Skip to content

Mengkontrol Emosi di Kantor

Januari 12, 2009

wanita karierSeorang karyawan lebih banyak menghabiskan waktu yang di milikinya di kantor dari pada dirumah. Suasana kantor pun tidak ubahnya saat berada di rumah. Setiap hari, pastinya akan menemukan perbedaaan pendapat dari beberapa kepala. Apalagi dengan pola kerja yang di sebagian perusaahan mengharuskan karyawannya untuk bekerja cepat dan siap berada di bawah tekanan. Dengan begitu seringnya menemukkan perbedaan pemikiran, tentunya membuat emosi seseorang menjadi labil. Bahkan fatalnya, ada yang sampai menimbulkan pertikaian dan perselisihan, hingga berlarut dan terbawa sampai rumah.

Nah, untuk menghindari hal semacam itu, diperlukan sikap – sikap positif untuk mengontrol emosi antara karyawan dengan karyawan lainya. Tapi, ada baiknya di mulai dengan diri sendiri. Seperti yang di kutip dari Careerbuilder, ada sejumlah tips yang pastinya bisa menjadi jurus jitu agar bisa mengontrol emosi di lingkungan kantor. Antara lain :

Selalu berfikir positif.

Untuk menghindari kejadian yang tidak menyenangkan. Anda dapat memulainya dengan mengontrol pikiran, yaitu dengan menghilangkan pikiran negative menjadi positif sehingga Anda dapat menghindari konflik yang dapat menghancurkan karier dan nama baik Anda dan perusahaan.

Tenangkan diri.

Bersikaplah sebijakasana mungkin. Mungkin ada saat – saat tertentu di mana emosi Anda meledak, tapi saat Anda menemui kondisi tersebut jangan membawa kehadapan atasan. Sebab, atasan bukan tempat yang tepat untuk mencurahkan isi hati (curhat) mengenai hal – hal sepele yang seharusnya bisa di selesaikan secara mandiri. Sebaliknya tarik diri Anda dari situasi yang tidak menyenangkan. Lalu kenali masalah yang membuat Anda marah. Langkah berikutnya analisa permasalahan dan temukan solusinya dengan kepala dingin.

Cari orang yang tepat.

Kadang mengeluarkan unek – unek selama dalam lingkungan kerja kepada seseoarng yang mengerti dinamika kantor, akan mampu mengontrol kadar tekanan emosi Anda. Melepaskan kekekesalan kepada seseorang yang tidak memiliki tingkat emosional yang sama dengan Anda merupakn cara terbaik. Namun pilihlah seorang teman yang bisa di jadikan tempat curhat dengan bijaksana. Untuk itu, Anda perlu memikirkanya masak – masak sebelum menentukan siapa orang yang tepat. Ini bertujuan supaya Anda tidak di khianati dengan membeberkan keluh kesah seputar pekerjaan Anda di kantor.

Kerja sama baik.

Kerja sama memang di perlukan dalam sebuah tim (team work). Pasalnya, dari kerja sama dapat menimbulkan kebersamaan dan rasa saling menghargai satu sama lain. Melalui jalinan kerja sama yang baik, dapat memberikan alternative lain untuk mengontrol emosi Anda saat berada di dalam lingkungan pekerjaan.

Selamat mencoba! Ganbate…

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: