Skip to content

Arti Sebuah Nama

Desember 1, 2008

imut“Apalah arti sebuah nama”, What’s in a name…?,ujar sang pujangga inggris, William Shakespeare, ungkapan yang klise sekali dan sangat-sangat tidak relevan (menurut saya), sekilas saya teringat kembali pertemuan saya dengan sahabat lama masa sekolah dulu, yang sempat meminta masukan perihal pemberian sebuah nama untuk anak pertamanya yang katanya diperkirakan akan lahir di minggu ke dua bulan ini, sahabat saya bingung karena belum menemukan nama yang cocok dan pas untuk anak pertamanya itu, padahal sudah mendekati hari katanya. Sayapun tidak kalah lebih bingung ketimbang sahabat saya itu. Akhirnya pertemuan sayapun harus disudahi mengingat waktu sudah menunjukan pukul 9:34 malam. Rasa penasaran saya muncul dan bertanya – tanya sampai sejauh manakah kebenaran dari sebuah argument yang dikatakan William Shakespeare sang pujangga inggris itu…?

Nama adalah sebuah fitrah, sebutan atau identitas panggilan yang penting, unik dan beragam pada setiap umat manusia, juga untuk membedakan dirinya dengan orang lain. Nama menunjukkan jati diri seseorang, dari mana ia berasal, apa latar belakangnya, apa status sosialnya, dsb. bayangkan saja bagaimana susahnya kita memanggil seseorang bila dia tidak mempunyai nama. Pun demikian dengan suatu benda dan makhluk lainya.Dengan bernama tercitralah seorang anak manusia, benda dan makhluk sealam semesta.

Nama juga bisa membuat seseorang atau sesuatu produk menjadi terkenal dan terpopulerkan dengan pencitraannya, sebut saja sebagai contoh simplenya para artis-artis dan band-band yang meramaikan belantika musik di tanah air ini yang menjadi populer dengan judul hitsnya tidak lain tidak bukan menggunakan nama-nama seperti “Sephia” miliknya Sheila On 7, “Suni” miliknya Bunga Citra Lestari, “Kirana” miliknya Dewa 19, “Bento” miliknya Iwan Fals (banyak lagi yang mungkin anda lebih tahu) dan bahkan artis mancanegara sekaliber Joan Baez menjadi terkenal dengan salah satu hitsnya “Donna Donna” yang konon menguatkan pencitraan dirinya sebagai seorang penyanyi yang peka menyoroti ketidak adilan dan masalah kemanusiaan sebagai seorang aktivis seni pada jamannya. Para pecinta kuliner asli indonesia tentunya sangat familiar sekali dengan ayam goreng “Mbok Berek” dan ayam goreng “Ny.Suharti” yang namanya itu sendiri merupakan nama dari pemiliknya.

Bagi masyarakat kebanyakan saat ini tentunya merk sebuah barang electronik seperti HP (Hewlett Packard) tidaklah asing, inisial atau nama tersebut merupakan gabungan dari dua nama pendirinya yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard, siapa juga yang tidak kenal Yahoo, bagi pengakrab internet dan pengguna jasa surat elektronik (email) tentunya tidak asing lagi bagi mereka, nama Yahoo juga demikian tidak serta merta menjadi suatu kebetulan dan mengada-ada karna nama Yahoo sendiri diambil dari cerita Jonathan Swift dalam bukunya “Gulliver’s Travels” yang menggambarkan seseorang yang repulsive dalam penampilan dan aksinya. Jerry Yang dan David Filo,sebagai pendiri Yahoo, mengambil nama tersebut karena merasa bahwa mereka adalah “Yahooligans”, Satu lagi nama besar dari perusahaan electronik yaitu Intel, sebelumya Bob Noyce dan Gordon Moore yaitu pendirinya akan memberi nama “Moore Noyce” penggabungan dari dua nama belakang mereka, tetapi karena “Moore Noyce” sudah menjadi trademark sebuah hotel, maka kemudian diberilah nama Intel yang berupakan singkatan dari INTegrated ELectronics.Kalau begitu bukankah berarti nama itu menjadi suatu hal yang sangat penting…?

Tentu saja, nama sebaik apa pun tidak akan membuat sang empunya nama menjadi baik dan terkenal pula. Setidaknya, tidak secara langsung dan mengandung suatu kepastian. Dalam konteks ini, sebuah nama hanyalah salah satu tanda sebagai pengenal, dikenal dan mengenali. Mungkin untuk sebahagiaan orang arti sebuah nama tidaklah begitu penting dan saya yakin banyak juga diantara kebanyakan yang tidak begitu mempermasalahkan arti sebuah nama, So….masih banyakah diantara kita yang menafikan itu…. who know.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: